7 Jenis Plafon Rumah Minimalis

Desain plafon rumah minimalis, material yang di pilih turut menentukan desain sebuah plafon.Untuk plafon berbahan tripleks, asbes dan fiber desainnya lebih terbatas.Umumnya vareasi desain yang dapat dilakukan yaitu model drop ceiling.Sementara itu, jenis plafon kayu atau lambersering dapat membentuk pola atau motif penutup plafon yang kita inginkan.Bahan gypsum dan tin ceiling mudah dicetak, sehingga kita dapat menambahkan aksen atau ornamen di langit-langit.Plafon PVC fleksibel dan mendukung berbagai bentuk dan desain.Berikut jenis-jenis plafon rumah minimalis.

  • Plafon tripleks.Di pasaran tersedia tripleks berukuran 122cm x 244 cm dengan ketebalan 3 mm, 4 mm dan 6 mm.Tripleks biasanya dibuat modul 60 cm x 60 cm.Rangka yang digunakan yaitu kayu kasau 4/6 atau 5/7 dengan grid 60 cm x 60 cm.


  • Plafon eternit atau asbes.Eternit memiliki dimensi standar 100 cm x 100 cm dan 50 cm x 100 cm.Pemasangan dan rangkanya sama seperti plafon tripleks.

  • Plafon fiber. Plafon fiber lebih dikenal dengan sebutan GRC (Glassfiber Reinforced Cement).Dimensi dan ketebalan standarnya yaitu 60 cm x 120 cm x 0,4 cm.Plafon fiber dapat menggunakan rangka seperti plafon tripleks dan asbes.

  • Plafon gypsum.Gypsum merupakan material plafon paling populer dan banyak digunakan karena dapat menyamarkan sambungan antar lembaran plafonnya.Proses pengerjaan juga lebih cepat.Kerangkanya dapat menggunakan kasau atau besi hollow.

  • Plafon tin ceiling.Dengan adaptasi teknologi material, tin ceiling kini berupa lempengan metal tipis dengan motif ukiran atau ornamen yang menggunakan finising cat minyak.Tin ceiling sering digunakan pada rumah bergaya klasik.


  •  Plafon kayu atau lambersering.Kayu yang digunakan yaitu kayu lambersering atau kayu olahan.Finising yang dilakukanbiasanya berupa lapisan melamine atau pelitur agar karakter kayunya semakin kuat.Selain lebih mahal plafon lambersering lebih sulit dalam pengerjaanya.

  • Plafon PVC.Bahan PVC atau polivynil chloride merupakan polimer yang bersifat lentur dan ringan .Plafon model PVC bisa dibilang yang paling modern.Aplikasinya lebih fareatif karena mudah dibentuk.Jenis plafon ini tidak memerlukan finising seperti cat.karena produsen sudah menyedikan berbagai warna..Selain itu plafon PVC lebih tahan lama, tahan air, dan mudah dibersihkan.
Artikel ini saya buat untuk melengkapi artikel sebelumnya yang membahas tentang tip memilih plafon rumah minimalis.

0 comments :

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Archive

Artikel terbaru

Site Info

Copyright © 2012. Rumah Minimalis - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz